Berkendara dan Bepergian Aman

Tips Berkendara dan Bepergian Aman di Saat Pandemi

Berkendara dan Bepergian Aman

Berkendara dan Bepergian Aman Adanya pengendalian kegiatan di berjenis-jenis kawasan tentu adalah hal yang merepotkan terutamanya bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Adanya pandemi tentu saja tak mesti menjadi halangan bagi Anda untuk berkendara dan bepergian di masa pandemi seperti sekarang.

Jalan-jalan Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi

Berkendara dan Bepergian Aman

Kecuali tetap mengerjakan prosedur kesehatan, Anda juga perlu mengerjakan beragam langkah tambahan agar aman selama berkendara di masa pandemi menggunakan kendaraan pribadi. Meski nampak remeh, tapi hal-hal kecil sebetulnya akan betul-betul berguna bagi kesehatan.

Bila Anda berharap bepergian jauh maka ada bagusnya untuk meniru deretan tips aman berkendara dan bepergian di masa pandemik seperti di bawah ini:

  1. Jaga Kesehatan

Tak paling utama ketika berkendara di masa pandemi tentu saja merupakan menjaga kesehatan diri sendiri. Vaksinasi yaitu sistem yang paling tepat sasaran untuk menjaga diri dari Covid-19. Dengan sistem ini selain melindungi diri sendiri, Anda juga dapat melindungi orang lain dari serangan Covid-19.

Padahal sudah divaksin, Anda jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan selama di perjalanan. Lebih baik lagi bila membawa hand sanitizer serta masker cadangan agar tetap terhindar dari virus.

Sekiranya Anda mengalami gejala demam dan gejala Covid-19 lainnya sesudah bepergian, karenanya jangan ragu untuk seketika memeriksakan diri ke dokter terdekat. Usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman bergizi agar cepat sembuh sekaligus menjaga tenaga bendung tubuh supaya tetap kuat.

Sebagai tambahan, seandainya Anda menjalankan perjalanan panjang benar-benar direkomendasikan untuk menjaga supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi. Usahakan juga untuk beristirahat selama 30 menit dan minum air yang cukup tiap-tiap menempuh 2 jam perjalanan.

  1. Buat Agenda Perjalanan

Sebelum mengawali perjalanan, Anda sebaiknya mencari tahu situasi jalur atau trek yang akan dilewati terutamanya jika Anda tak terbiasa atau belum pernah bepergian ke lokasi hal yang demikian. Akan lebih baik, bila Anda juga membawa peta karena tidak semua lokasi bisa dijangkau oleh GPS.

Dengan membikin agenda perjalanan yang matang, maka Anda akan lebih leluasa dalam memilih daerah istirahat, pengisian bahan bakar, serta menghindari tempat-daerah dengan angka Covid-19 yang tinggi.

  1. Jangan Membawa Barang Berlebih

Tak banyak yang tahu sekiranya ada regulasi sah dalam membawa barang turunan dikala berkendara. Saat Anda berkendara jarak jauh sebaiknya jangan membawa barang yang berlebihan. Utamakan barang-barang penting khususnya peralatan kesehatan selama di perjalanan.

Menurut undang-undang pemerintah, Anda tak dibiarkan membawa barang bawaan melebihi stang kemudi. Bobot hal yang demikian juga harus diletakan di bagian bagasi belakang dengan tinggi beban tidak lebih dari 90 cm atau kurang dari 1 m dari daerah duduk pengemudi.

  1. Hindari Berkelakar Selama di Perjalanan

Kalau Anda tipe yang tak jarang bercanda atau mengobrol selama berkendara, sebaiknya jangan lakukan ini selama berkendara. Selain dapat memberi pengaruh fokus pengendara, hal ini juga dapat meningkatkan resiko penularan Covid-19 melewati udara.

Bagaimana Jikalau Bepergian Menerapkan Travel?

Apabila kiat di atas yaitu untuk berkendara memakai kendaraan pribadi, lalu bagaimana bila Anda bepergian menerapkan travel? Mengingat Anda mesti berbagi kendaraan dengan orang yang tidak dikenal karenanya tentu saja risiko penularan akan kian tinggi.

Seandainya Anda terpaksa menggunakan kendaran biasa atau travel, maka ada pantasnya bagi Anda untuk mencontoh beberapa tips bepergian di bawah ini agar konsisten aman selama di perjalanan:

  • Pilih Jadwal yang Sepi

Bila memungkinkan sebaiknya pilih kendaraan dengan jadwal keberangkatan pagi hari karena biasanya keberangkatan pagi cenderung sepi penumpang. Memang hal ini akan sedikit merepotkan karena Anda semestinya memeriksa tiap-tiap jadwal dari agen travel yang tersedia.

Tetapi, mengingat pandemi yang belum berakhir maka rasanya hal ini penting untuk dilaksanakan mengingat risiko penularan Covid-19 di ruangan tertutup seperti mobil cukup besar. Apalagi Anda akan berkendara bersama orang asing yang tak diketahui riwayat kesehatannya.

  • Pilih Tempat Duduk yang Jauh dari Orang

Dikala memilih tempat duduk usahakan untuk memilih posisi yang jauh dari penumpang lain. Tempat duduk bagian belakang bisa menjadi opsi terbaik sebab Anda dapat duduk berjauhan dari sopir. Agar lebih aman, jaga jarak setidaknya 1 meter dari penumpang lain selama berkendara.

Kecuali itu, usahakan untuk tak berdiskusi dengan penumpang lain sebab berbincang-bincang di kendaran lazim diketahui dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19.

  • Persiapkan Alat Pelindung Diri

Sedangkan di dalam kendaraan, Anda tak boleh lupa membawa perlengkapan pelindung diri seperti masker dan hand sanitizer. Walaupun mengaplikasikan masker dalam waktu lama dan cuaca yang panas benar-benar tidak menyenangkan, tapi Anda sebaiknya tetap memakai masker sedangkan berada di dalam mobil travel.

Kali ini penting sebagai salah satu sistem untuk meminimalisir penularan Covid-19 di dalam kendaraan. Usahakan tak melepas masker selama di perjalanan sehingga pastikan Anda makan dan minum sebelum berangkat agar tidak kelaparan di tengah perjalanan.  

  • Meskipun Cuci Tangan

Sedangkan hakekatnya cuci tangan dengan sabun yaitu pilihan terbaik untuk membunuh virus Covid-19, tapi tentu Anda tak dapat mengerjakannya selama di perjalanan. Sebagai gantinya, Anda dapat menerapkan hand sanitizer dengan alkohol lebih dari 80% untuk membersihkan diri.

Jangan ragu untuk menggunakannya sesering mungkin, apalagi seandainya Anda termasuk jenis yang suka menyentuh wajah atau meraba permukaan benda disekitar. Kerap ini bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19 sehingga usahakan untuk membersihkan tangan sesering mungkin.

  • Lakukan Pembayaran Tak Non Tunai

Supaya tangan Anda tidak mudah kotor dan menjadi sarang kuman, amat disarankan untuk menerapkan sistem pembayaran non tunai alias cashless. Kecuali lebih praktis, Anda juga tidak perlu terlalu acap kali melakukan kontak dengan orang lain dan mengurangi risiko penularan Covid-19.

Apalagi di zaman sekarang Anda bisa dengan gampang bayar atau mengorder karcis bis, shuttle, atau travel secara online. Tak hanya itu, Anda juga dapat mendapatkan bermacam promo dan bonus menarik sebab kini banyak web travel yang memberikan hadiah menarik.

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Berkendara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika selama berkendara Anda harus tetap melakukan protokol kesehatan. Selain membawa alat-alat pelindung diri, Anda juga perlu tahu hal-hal apa saja yang tak boleh dilaksanakan selama di perjalanan.

Tak ini mungkin acap kali tak disadari tetapi hal-hal sepele seperti sering kali meraba wajah sebenarnya bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19. Apalagi kalau Anda berkendara bersama orang banyak.

Selain menyentuh wajah dan bagian-bagian di kendaraan, Anda juga sebaiknya jangan berdialog apalagi membikin masker selama di perjalanan. Sering ini walaupun tampak remeh melainkan juga dapat meningkatkan risiko tertular Covid.

Hindari juga memakan sesuatu yang sudah tersentuh dengan tangan atau mulut orang lain seperti makan, minuman, atau sebagainya. Selain tak higienis, juga meningkatkan risiko tertular beragam penyakit lain selain Covid-19.Ada bagusnya jika Anda seketika mandi dan ganti pakaian setelah pulang ke rumah. Tunda dulu meraba orang lain, khususnya orang tua dan si kecil-buah hati sampai Anda yakin tubuh sudah bersih dari beragam kuman yang menempel selama di perjalanan.